-->

Thursday, March 26, 2015

how to do happy diet

hola! assalamualaikum

hari ini aku ingin berbagi tips mengenai bagaimana caraku berdiet. bukan diet yang menyiksa, tentunya. tapi diet yang menyenangkan dan kamu tidak perlu merasa lapar karena tidak makan seharian. flashback sedikit ke beberapa post yang lalu, aku mengatakan bahwa selama mengerjakan skripsi, berat badanku naik drastis. semula berat badanku 38-40 kini naik ke 45-46. tidak kelihatan, memang. karena lemak-lemak itu hanya berkumpul di perut dan paha, yang akhirnya menyebabkan celanaku tidak muat semua :" Ketika hari Jum'at lalu aku berkunjung ke rumah Utiku (panggilan kesayangan nenek), baik nenek, tante hingga oomku terus saja protes kalau aku sudah mulai kegendutan. untuk itulah sepulang dari mengunjungi rumah Uti aku langsung riset mengenai diet.

aku sangat mengagumi tubuh-tubuh langsing semampai artis-artis Korea. aku tahu, sebagian dari mereka melakukan diet ekstrim, tapi nggak sedikit pula yang diet dengan cara yang benar. aku merangkum cara diet ala Korea dan etika makan orang Jepang, dan mulai menetapkannya pada diriku dimulai dari kemarin. sedikit catatan, ini dilakukan dengan tidak menggunakan obat maupun olahraga berat, karena aku membenci keduanya. diet yang aku lakukan murni soal kebiasaan pola makan dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 

1. diet ≠ tidak makan
anggapan bahwa dengan berdiet kamu tidak boleh makan adalah salah besar! aku tetap makan dan harus makan tiga kali sehari. bedanya dengan orang yang tidak melakukan diet adalah kamu harus mengurangi atau menghilangkan porsi karbohidratmu. masalah krusial bagi seorang yang harus makan dengan nasi, memang. tapi kamu bisa mulai membiasakan diri dengan mengurangi porsinya. hal itu yang kulakukan saat ini. sejak mama berhenti menanak nasi merah, porsi makanku memang nggak teratur karena nasi putih tidak membuatku kenyang. tapi karena kebiasaan itu pula makanya sekarang aku gampang gendut :( aku tetap makan nasi, hanya saja, 3-5 suap sudah cukup. aku lebih memperbanyak sayur dan kuah jika memang berkuah. aku juga mulai mengurangi junk food. bila pada waktu lunch aku terpaksa makan di luar rumah, maka aku tidak akan makan malam, atau hanya minum susu diet. 

2. minum green tea setelah makan besar
aku tidak tahu, sih ini akan berefek lama atau tidak. tapi orang Jepang memiliki tubuh bagus katanya karena kebiasaan mereka mengkonsumsi teh hijau. aku juga memulai kebiasaan itu. aku meminum teh hijau setelah aku makan besar, atau makan di luar rumah. rasanya? tentu saja pahit. karena aku tidak menambahkan gula sama sekali. tapi lama-lama juga akan terbiasa. bahkan kalau sudah rutin minum teh hijau sugar free, ketika minum teh tawar juga akan biasa-biasa saja. nggak merasa aneh seperti saat dulu sebelum minum teh hijau.efek setelah minum teh hijau, aku akan banyak buang air kecil. bisa sampai 5-10 kali. agak mengerikan memang, tapi mungkin itu cara teh hijau bereaksi terhadap makanan yang telah kita makan. buktinya, sampai sekarang saya nggak merasakan reaksi aneh yang nggak enak, tuh. tapi, buat saran, jangan konsumsi teh hijau saat malam hari ya. kalau menurut pengalaman, setelah minum teh hijau di jam-jam menjelang tidur, kepalaku akan pusing dan hasilnya harus begadang karena rasa ngantuk jadi hilang. hahaha

aku lebih suka teh tubruk daripada tea bag. karena selain tidak beresiko tercampur bahan kimia, aroma teh tubruk lebih kuat dibanding tea bag
3. biasakan untuk tidak minum minuman manis
pada awalnya ini juga sangat menyiksa karena aku suka sekali teh manis. hampir tiap hari beli teh manis dengan es. seger diminum di siang hari. tapi karena harus diet, jadi sekarang aku tidak minum teh manis sama sekali. aku hanya akan memesan teh tawar atau air putih bila harus makan di luar. jika memang ingin sedikit segar, pakai es tidak masalah. minuman kemasan juga tidak baik untuk program diet. karena aku pernah dengar, kalau di dalam sebotol minuman kemasan, ada kurang lebih 7 buah balok gula sebagai pemanisnya. menyeramkan kan?

4. minum susu diet sebagai pengganti makan malam
seperti yang sudah aku katakan di point pertama, jika pada hari itu aku sudah terlalu banyak makan enak, maka untuk makan malamnya aku hanya akan minum susu diet tanpa gula. produk yang aku gunakan saat ini adalah susu WRP. susu yang aku minum ini rasanya enak meski tanpa gula. varian rasanya juga banyak, jadi kalau sudah bosen dengan rasa yang satu, bisa coba rasa yang lainnya. kamu isa membelinya di supermarket terdekat, karena WRP mudah ditemui. tapi yaaa...itu, karena susu diet, jadi harganya sedikit lebih mahal. tapi kalian tahulah, sesuatu yang worth it tidak pernah dijual murah. makan malam dengan minum susu doang saja sudah berasa kenyang semalaman. jadi, tidak makan malam tidak masalah buatku.
aku meminum susu wrp yang body shape, sebagai pengganti makan malam

dalam satu dus wrp body shape terdapat 6 bungkus susu. sedikit boros memang dibanding jenis susu wrp yang biasa

jumlah per sajian dikatakan 110 kkal. cukup mengenyangkan dan nggak terlalu banyak kalorinya
5. makan malam sebelum pukul 5 pm
semasa pengerjaan skripsi dulu, saking asyiknya di depan laptop, kadang sampai lupa makan malam. alhasil, perut terasa lapar pada pukul 8-9 pm. padahal, makan sesudah matahari terbenam sangat tidak disarankan karena pada saat itu kerja pencernaan melambat. makanan yang kita makan dicerna dengan amat perlahan, sehingga kandungan gizinya tidak diserap secara sempurna dan menimbun di perut menjadi lemak. aku juga mendapati diriku susah buang air besar tiap makan terlalu malam. atau kalau tidak, maag akan terasa sakit di pagi harinya. maka dari itu, aku mengubah pola makan malam menjadi makan selambat-lambatnya pukul 5 sore. setelah pukul 5, aku stop makan dan hanya minum air putih bila perut masih terasa belum kenyang.

6. catat apa yang kamu makan di buku diary atau aplikasi android seperti Calorie Counter atau FatSecret
kegiatan ini cukup menyenangkan karena kita makan makanan yang berbeda tiap harinya. kalau aku sih rajin menulis di buku diary, karena aku terlalu malas untuk men-submit makanan yang aku makan sendiri di androidku. tapi kalau kalian tertarik, Calorie Counter dan FatSecret adalah dua aplikasi yang cukup menyenangkan untuk menulis diary makananmu dan berapa kalorinya. dua aplikasi itu membantumu untuk menghitung kalori setiap hari dan memberimu advice berapa kalori yang harus dikonsumsi tiap harinya. aplikasi ini bagus untuk yang sedang diet. kalian juga akan jadi aware kalau makanan siap saji maupun snack memiliki kalori yang sekali makan bisa menghabiskan seluruh total kalori per harimu.

selain 6 poin di atas, masih banyak jenis-jenis diet lainnya yang populer di Korea. namun, kalian harus pastikan mana yang mampu kalian jalani sehingga kalian akan tetap konsisten dengan pola dietmu itu ketika berat badanmu sudah menurun. untuk sekarang, berat badanku masih stuck dan belum terlihat hasilnya. ketika diet ini berhasil kelak, akan aku share lagi pada kalian di postingan selanjutnya. tetep semangat, ya! jaga bentuk tubuh biar bisa pakai pakaian yang lucu-lucu :)
Rainbow Pinwheel Pointer