-->

4 Feb 2016

easy recipe: no bake oatmeal cookies

assalamualaikum!

saya lagi pengen banget bikin cookies, tapi paling males kalau sudah berhubungan dengan oven. pertama, saya nggak bisa mengira-ngira waktu matang sebuah adonan (pasti kalau nggak kurang matang, ya gosong hehe) dan yang kedua, saya bukan termasuk orang yang rapi ketika memasak. mama saya bisa ngomel seharian kalau tahu saya "menghancurkan" oven kesayangannya. lol. maka dari itu, saya iseng-iseng cari resep cookies tanpa dioven. lalu nemu deh resep no bake oatmeal cookies. apa? oatmeal dibikin cookies? emang enak? jawabannya, beuuuhhh enak banget!

saya dulu sempat diet nasi dan sebagai gantinya saya makan oatmeal. mau nggak mau, harus mau. meskipun saya akuin, oatmeal itu nggak enak! (atau saya yang nggak tahu cara ngolahnya?) tapi saya tetep penasaran kalau ada resep dengan bahan dasar oatmeal. pengen nemu sisi enaknya makanan yang katanya sehat ini. dan finally, saya menemukan betapa oatmeal memang makanan yang enak! no bake cookies ini bisa jadi pengganti snack yang mengenyangkan. bahkan saya nggak merasa lapar karena ngemil oatmeal cookies. karena emang ngenyangin banget. karena saya excited dan kali ini bisa dibilang berhasil bikin makanan sendiri, saya mau bagi resepnya!


 bahan: 
1 stik butter
1,5 cup gula pasir (gula segini manis banget! bisa dikurangin buat yang nggak terlalu suka manis)
0,5 cup almond milk (bisa diganti dengan susu low fat)
3 sdm bubuk cokelat
0,5 selai kacang
kacang secukupnya
1 sdt vanilla extract
3 cup oats

cara membuat:
1. panaskan panci dengan api sedang
2. masukkan butter dan gula, aduk hingga menjadi karamel
3. masukkan susu dan cokelat bubuk, aduk hingga rata dan biarkan mendidih
4. tambahkan selai kacang (tips: supaya selai kacang tidak lengket di sendok, sebelumnya sendok dilapisi plastik terlebih dulu)
5. masukkan kacang dan vanilla extract serta oats
6. aduk hingga rata
7. setelah semuanya well combined. siapkan loyang yang sudah dilapisi kertas baking
8. sekop adonan dengan sekop es krim, bentuk di atas loyang tipis-tipis
9. dinginkan kurang lebih 30 menit di freezer
10. cookies siap dihidangkan!


pada gambar, cookies terlihat glossy karena saya kebanyakan butter hahaha...tapi untuk rasa, alhamdulillah masih bisa dimakan manusia. rasanya manis dan gurih. oatmealnya juga nggak berasa oatmeal seperti saat dia menjadi pengganti nasi dulu. ketika mereka saya kasih cicip ke mama, ayah dan adek, mereka suka! waah, langka nih! besok-besok saya mau bikin lagi, dengan catatan, gulanya dikurangin, susunya juga. untuk cookies saya ini, saya mau kasih nilai 6/10, deh!

kalian pernah coba bikin no bake cookies juga? sharing dong gimana hasilnya! soalnya, saya masih payah banget ini. masih banyak yang perlu diperbaiki. seperti...gimana biar cookiesnya nggak terlalu lengket dan bisa keras dengan sempurna, gitu ketika beku. bagi-bagi rahasianya di kolom komentar, yah!

salaam,
Iphiet

13 komentar:

  1. Saya jg paling gak bs berurusan dg oven. Resep cookiesnya layak dipraktekkan nih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cerita-cerita ya bun kalo berhasil :3

      Hapus
  2. hadohhhh... enak banget nih pastinya!!! mauuu... kirimin donk!
    Great recipes, thanks for sharing...
    http://sepatuholig.blogspot.com
    instagram.com/grace_njio

    BalasHapus
    Balasan
    1. seandainya makanan ini bisa dipaketkan~~~ hihihi

      Hapus
  3. yaaaaas! finally resep no bake cookies :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. indonesian version! not much sugar! (masi mikir kenapa bule demen banget makanan manis)

      Hapus
  4. Gak pernah oprek dapur :D Baru tahu kalo cookies bisa tanpa oven

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss! saya juga jarang nih. ini udelnya lagi bodong aja :p

      Hapus
  5. Huaaa jadi pen makan tu cookies thanks sharingnya, kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. you're welcome, dear! :D

      Hapus
  6. Wah, resep ini layak dicoba, tapi saya perlu mengakalinya supaya bentuknya rada lebih fotogenik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener! nanti kabar-kabar kalo berhasil ya...temen-temen saya pada bilang ini mirip Ampyang :( sedih, saya.

      Hapus
  7. belum pernah kalau bikin cookies yang gak dioven, tapi boleh di coba nih resepnya, biar gak ngemil terus >_<

    BalasHapus

Rainbow Pinwheel Pointer