-->

13 Feb 2016

korean movie review: Love Fiction (2012)



cast:
Ha Jung Woo as Khoo Joo Wol
 Gong Hyo Jin as Hee Jin
Ji Jin He as Joo Ro
Lee Byung Joon as Multiman
Jo Hee Bong as Company President Kwak
Yoo In Na as Soo Jung
Kwak Do Won as  Director


picture from google.com

plot:
ini adalah kisah cinta seorang ghost writer kepada seorang wanita pada pandangan pertama. Khoo Joo Wol, seorang penulis dan bartender pada sebuah bar kecil, saat ini sedang menggarap novel keduanya. tapi, ia mengalami writer's block! Lalu untuk mencari inspirasi ia bersedia mengantarkan bosnya di perusahaan publishing ke Berlin sebagai penerjemah. pada hari terakhirnya di Berlin, Joo Wol datang pada acara pesta yang diadakan oleh anggota film industri. Joo Wol bosan dengan pestanya, dan memutuskan untuk keluar, merokok. lalu seorang wanita bernama Hee Jin datang menghampirinya dan ikut merokok. Joo Wol kemudian merasakan cinta pada pandangan pertama.

kembali ke Seoul, sebuah surat dan bucket bunga datang untuk Hee Jin di meja kantornya. Hee Jin membaca surat yang ternyata dari Joo Wol dan tertawa terbahak-bahak. sementara itu di lain tempat, Joo Wol menantikan telefon dari Hee Jin. dan pada akhirnya Hee Jin menelfon Joo Won. setelah itu, calon sepasang kekasih ini bertemu untuk kedua kalinya...


picture from hancinema.com

my honest opinion:

halo, Assalamualaikum! hari ini saya mau menulis opiniku soal salah satu film Korea yang sebenarnya sudah saya download lama, tapi belum sempat saya tonton. saya adalah penikmat drama Korea, selain drama, saya juga kadang menonton film buatan mereka. semua genre, nggak cuma yang populer dan romantis-romantisan saja. dan surprisingly, film Korea ini juga nggak kalah bagus sama film-film box office. plotnya macem-macem. tapi biasanya yang plotnya aneh-aneh rada nggak populer disana, meskipun kalau menurut saya, idenya luar biasa!

 film Love Fiction ini saya tertarik buat nonton karena pertama, ada aktris favorit saya, Gong Hyo Jin. kedua, film ini masuk peringkat pertama box office Korea dengan penjualan lebih dari satu juta tiket dalam minggu pertama! waahh

sense of fashion Gong Hyo Jin selalu memenangkan hati saya! Eonnie, sarange!

dari judul dan trailer-nya, sudah bisa ditebak kalau ini bergenre romantic-comedy. tapi jangan buru-buru nge-judge dulu! film ini banyak maksud terselubungnya kalau kita mau sedikit berpikir. ya, film ini tentang feminisme. karakter yang diperankan Hyo Jin sangat kuat sampai bikin saya menganga. ada gitu wanita serealistik Hee Jin? kisah cintanya bukan kisah cinta picisan yang manis di awal, nangis di tengah, bahagia pada akhirnya. kalau saya melihatnya justru malah, waah bener nih! jatuh cinta itu manisnya di depan doang, selebihnya adalah rasa tanggung jawab dan saling menerima kekurangan masing-masing yang kadang bikin mikir "kok gue bisa seneng sama orang model begini, ya?"


kalian juga pernah merasa begitu sama pasangan? berarti itu wajar. hehe. cerita lain yang bikin saya membenarkan Hee Jin tanpa bermaksud ikut paham feminismenya adalah, gap antara pria dan wanita soal bulu ketek. kenapa pria bebas punya bulu ketek, tapi kalau wanita yang punya, kesannya jadi menjijikkan? saya juga kadang mikir begitu. katanya jaman sekarang jaman emansipasi? tapi nonton wanita berbulu jijik. wanita pun jijik sama bulu-bulu yang dia punya. hahaha... (maaf ya rada jorok)

contoh feminisme lain adalah ketika pria boleh sembarangan "tidur" dengan wanita-wanita. ketika wanita yang berperilaku sebaliknya, pria merasa wanita tersebut sangat menjijikkan. tapi kalau ini saya nggak mau bahas sih, meskipun di luar negeri kenyataannya banyak yang begitu. menurut saya, baik laki-laki maupun perempuan berganti-ganti pasangan "tidur" tanpa pernikahan itu TIDAK BOLEH dan TIDAK PERLU DIDEBAT. hehe

sosok Hee Jin ini adalah sosok perempuan ideal saya. saya sangat menikmati adegan-adegan di setiap film. bagaimana sosok perempuan yang biasanya pengen dicintai dengan manis, tidak terdapat pada Hee Jin. begitu realistisnya dia sampai ia tidak ingin pasangannya berbohong dengan terus mengatakan "i love you" kepadanya. karena ia sudah yakin, suatu saat masa-masa seperti itu akan berlalu begitu saja. Hee Jin bahkan sudah siap untuk putus kapan saja sejak mereka memutuskan untuk pacaran. hubungan macam apa ini -_- bisa se-prepare itu. 


oh, satu lagi! make up Gong Hyo Jin disini sangat on point! saya suka sekali paduan makeup yang minimalis dengan warna lipstik yang cerah. kesan misteriusnya dapet banget gitu. kalau bikin lawan jenis jatuh cinta mah wajar. makeupnya sangat mature tapi tidak berat. saya jadi kepikiran pengen nyoba pakai make-up begitu juga mengingat warna lipstik saya kebanyakan warna gelap. 

pokoknya, saya kasih 4/5 untuk film ini. yang belum nonton, nonton gih! meskipun sudah Out of Topic, tapi masih oke kok untuk dibahas rame-rame. saya juga akan rajin-rajin mereview film-film Korea atau drama-drama Korea lainnya di lain kesempatan. sampai ketemu di review selanjutnya!

salam,
Iphiet


8 komentar:

  1. Sepertinya bagus .... Coba aku cari filmnya deh.

    BalasHapus
  2. Aku jadi pengen nonton, lama ga nonton drama korea. Tapi ini bukan film yang ber episode episode itu kan ? atau jangan jangan film yang seperti itu juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, laili! ini bukan drama, btw. durasinya cuma 121 menit :D

      Hapus
  3. Wah yang jadi aktrisnya yg main di It's Okay That's Love.. jadi penasaran mau nonton :D

    vanillaberrys.blogspot.com

    BalasHapus
  4. yak tul! saya juga suka perannya eonnie Hyo Jin di drama itu :)

    BalasHapus
  5. waaaah pengen lihat jadinya... siap siap cari link download :D

    BalasHapus

Rainbow Pinwheel Pointer